Mencegah Virus di PC

P3K Virus : PENTINGNYA SYSTEM RESTORING DI WINDOWS

Memang terkadang terkena virus membuat kita mengeluarkan kata –kata kebun binatang such as “buaya”, “sapi”, “anjing” dll dll lah…tapi sebenarnya hal tersebut sangat dapat diminimalisasi, yaitu dengan system restore lewat windows. Coba simak artikel berikut ini:

Restoring System adalah hal yang sangat disepelekan orang, tapi kenyataannya restoring dapat menyelamatkan data berharga anda seperti doc, xls, mdb atau ppt pokoknya data2 Microsoft Office Anda. Nah contoh nyata. Tadi malem teman saya terkena virus yang namanya w32.fluburung@firman . Virus ini menyebabkan data2 Microsoft office terutama .doc atau yang berekstensi .doc menjadi file berekstensi .scr. Karena data tersebut adalah data penting otomatis teman saya misuh – misuh terlebih dahulu. Tapi karena dia tahu cara me-restore system di Windows, maka pisuhan tersebut ditarik kembali dan diganti dengan kalimat – kalimat indah bernuansa religius (halah!). Untuk merestore komputer yang terkena virus gampang sekali, caranya :

1. Yang jelas proses virus dan file – file virusnya terlebih dahulu dihilangkan
2. Kemudian klik Start-> Program ->Accessories ->System Tools -> System Restore, maka akan muncul aplikasi system restore seperti gambar di bawah ini :

3. Tinggal klik next ,maka aplikasi akan menampilkan tampilan sbb:

4. pilih tanggal berapa system terakhir kita berjalan dengan baik, atau pada tanggal berapa kita tidak tterkena virus, misalnya kalau disini tanggal 5 ya…klik aja tanggal 5 nya kemudian klik next

5. Proses selanjutnya adalah konfirmasi tentang restoring system anda, cukup klik OK aja

6. Nah sebaiknya ketika merestore system, MATIKAN SELURUH PROGRAM YANG SEDANG AKTIF, karena system restore akan melakukan booting ulang, kemudian klik Next

7. Nah setelah proses ini windows akan booting dan tunggu sebentar. Setelah masuk windows maka system restore akan menampilkan pesan bahwa restoring system berhasil. Data yang terkena virus tadi akan kembali baik seperti semula tanpa cacat.

Semoga dengan system restore ini data anda dapat diselamatkan. Ingat sebelumnya file dan proses virus harus dinon aktifkan terlebih dahulu. Terkadang hal yang sepele dapat menjadi penolong di saat susah yak…thanks.

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di cara mencegah virus. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s