Trojan disamain sama virus?

Trojan itu kan salah satu jenis dari berbagai jenis “Malware” komputer bos.

Trojan emang ada si yang nginep di file. Tapi gak semua Trojan. Kalau “VIRUS” baru semuanya menginep di file.

selama ini yang sering kita sebut sebagai virus secara teknis sebenarnya adalah worm.

Sebenarnya begini lho..

Virus komputer kan berasal dari istilah virus biologi. Virus biologi itu kan makhluk yang bisa menular dan menginfeksi. Contohnya adalah Demam Berdarah, Malaria, Flu, dll. Tapi apa semua penyakit dibilang virus? Misalnya ada orang kena penyakit Jantung, kita malah bilang “Kena virus TuH?”. Atau penyakit Kanker, kita bilang “Kena virus lo?”

Begitu juga dalam komputer. Di dalam komputer ada berbagai “penyakit” yang bisa berupa Virus, Worm, Trojan, Spyware, dsb. Tapi apa semua penyakit di komputer itu dibilang virus? Mungkin bagi kalian biasa menyebutkan bahwa Brontok, Rieysha-Prisha , Kalong, TunggulKawung, Aksika, dkk atau bahkan Trojan adalah virus. Tapi tahukah bahwa menyebut nama-nama tadi adalah virus komputer tak ubahnya menyebut Penyakit Jantung, Kanker, Stroke, dkk adalah virus .

Virus komputer secara teknis dan official (ketetapan resmi) adalah program yang bisa menginfeksi file lain baik sebuah dokumen, aplikasi, dsb. Jika tidak bisa menginfeksi lain tidak dapat dikatakan virus komputer. Lha? Jadi selama ini yang kita buat itu apa? Kan gak bisa menginfeksi file lain? Cuma bisa manipulasi registry, buat file induk, ngopi diri ke flash disk lalu blablablabla… Bukan virus? Tepat sekali. Lebih tepat lagi kalau yang biasa kita buat ini adalah sebuah Worm .

Walaupun user professional, waspada, dan gak sembarang klik tapi jika menggunakan AV yang bagus terupdate tapi gak punya dari string signature suatu virus tetep aja bisa keinfeksi kalau membuka file yang didalamnya sudah diinjeksikan virus. Kewaspadaan menjadi tidak berguna.

Yang termasuk virus itu misalnya Sality, Heur, KSpoold, dkk.

Karena kebanyakan masyarakat sudah menyebut “Virus” sebagai acuan setiap “penyakit” atau “malware” pada komputer. Jd kita ikut nyebut virus aja biar pada gak bingung .

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di virus. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s