Fosil Dinosaurus Berkepala Naga Ditemukan



Sebuah fosil yang ditemukan di South Dakota ternyata berasal dari spesies dinosaurus yang tidak diketahui sebelumnya. Dinosaurus berukuran sebesar seekor kuda itu memiliki beberapa tonjolan tanduk di kepalanya yang keras dan datar sehingga menyerupai kepala naga dalam dongeng.

“Ketika kami melihat scan CAT fosil tersebut, kami menyadari bahwa kami tidak pernah tahu keberadaan makhluk ini sebelumnya,” kata paleontolog Robert Bakker, yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Penemuan anggota dinosaurus berkepala datar yang termasuk keluarga pachycephalosaurus ini mengubah pandangan mengenai sejarah dinosaurus pada hari-hari terakhir Periode Cretaceous, 66 juta tahun lalu. Ia menunjukkan bahwa garis keluarga pachycephalosaurus masih berevolusi walau masa kejayaan dinosaurus hampir berakhir, ungkap para peneliti.

Tengkorak pachycephalosaurus yang nyaris lengkap itu telah diberikan kepada Museum Anak di Indianapolis oleh para pemburu fosil amatir dari Iowa. Mereka menemukannya tahun 2003 ketika mengeksplorasi Formasi Hell Creek di tengah South Dakota.

Penemuan ini kemudian diumumkan di Indianapolis sehubungan dengan adanya pertemuan tahunan Asosiasi Museum Amerika.

Menurut pihak museum, keluarga pachycephalosaurus dikenal lewat kepalanya yang mirip kepala naga dengan tanduk, tonjolan, dan benjolan lainnya. Anggotanya yang paling terkenal, Pachycephalosaurus, memiliki tonjolan kepala serupa helm setebal 20 cm yang digunakan untuk menyeruduk dinosaurus lain.

Sedangkan spesies yang ditemukan ini memiliki kepala datar tanpa tulang yang membentuk kubah. Satu-satunya pachycephalosaurus berkepala datar lainnya ditemukan di China dan Mongolia, namun mereka memiliki moncong pendek dan tidak ada tanduk panjang di kepalanya.

Pada umumnya hewan pemakan tumbuhan ini memiliki leher kuat dan serudukannya bisa menyebabkan memar yang parah pada hewan lain.

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di HoT NewS, world story. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s