Air Putih Berbahaya Bagi Bayi



Bayi berusia di bawah enam bulan sebaiknya jangan pernah diberikan air untuk diminum. Mengonsumsi air terlalu banyak dapat meningkatkan kondisi berbahaya pada bayi, atau yang disebut sebagai intoksikasi air.

Itulah peringatan yang berikan para ilmuwan dari John Hopkins Children’s Center di Baltimore, Amerika Serikat, kepada para orang tua.

Menurut dr Jennifer Anders, ahli kegawatdaruratan anak dari John Hopkins Children’s Center, meski bayi sangat kecil, mereka memiliki refleks haus atau perangsang untuk minum. Ketika mereka merasa haus dan ingin minum, cairan yang sangat baik diperlukan untuk diminum adalah air susu ibu atau susu formula.

“Ginjal bayi belum matang. Memberi mereka banyak air akan menyebabkan tubuh bayi mengeluarkan natrium akibat kelebihan cairan. Kehilangan natrium dapat mempengaruhi aktivitas otak,” kata Anders.

Gejala awal yang dapat dilihat dari intoksikasi air adalah iritabilitas (merengek-rengek), mengantuk, dan perubahan mental lainnya. Gejala lain yang dapat muncul adalah menurunnya suhu tubuh, edema atau bengkak di sekitar wajah, dan kejang.

Gejala awal yang muncul terkadang kurang jelas, sehingga orang tua baru menyadari ketika bayi mereka kejang. Namun, dengan penanganan yang cepat, gejala kejang kemungkinan tidak akan muncul.

Orang tua juga sebaiknya menghindari pemberian susu formula dengan pengenceran berlebihan, atau minuman anak yang mengandung elektrolit.

Untuk beberapa kasus, mungkin tepat memberikan air dalam jumlah kecil, misalnya dalam keadaan konstipasi dan pada saat cuaca panas. Namun sebaiknya orang tua mengonsultasikan hal ini dengan dokter ahli anak. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan sebanyak 1-2 dua ons air pada setiap pemberiannya.

Apabila orang tua merasa bayi mereka mengalami intoksikasi air, atau ketika bayi mereka kejang, sebaiknya mereka segera memberikan perhatian secara medis.

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di HoT NewS. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s