Taukah Kau?? “Ikan Juga Punya Telinga”

Suatu hari ada sebuah pertanyaan dari seseorang yang selalu ingin tau kepada seorang professor jenius.

Pertanyaan:
“ Prof yang baik, saya punya sebuah akuarium dirumah. Di dalamnya ada alat untuk membuat gelembung udara. Alat tersebut menimbulkan bunyi yang menurut saya sangat mengganggu. Herannya, ikan-ikan yang ada di dalam akuarium tampak tidak terganggu sama sekali oleh suara itu.
Yang ingin saya tanyakan, apakah seekor ikan tidak memiliki indra pendengar? Bila memang tidak ada indera pendengaran, indra apa yang paling besar perannya dalam kehidupan ikan itu?”

Jawab Profesor:
”Tentu ikan mempunyai telinga dalam dan mempunyai alat indra di sepanjang garis memanjang pada tubuhnya sebagai alat pendengarannya. Alat ini digunakan untuk mengetahui bunyi gerakan musuh atau mangsannya pada jarak yang jauh dari berbagai arah. Kemampuan telinga menerima bunyi berbeda-beda tergantung jenis ikannya. Ada yang mampu menerima bunyi setinggi 180 kHz (batas pendengaran manusia 20 Hz-20 kHz), tapi banyak pula yang mampu menerima bunyi setinggi 3 kHz. Ikan Mas yang disebut ”Hearing Specialist” mampu menerima bunyi pada jangkauan 60 Hz-30 kHz.
Sama seperti manusia, Bunyi yang berbeda memberikan efek emosi yang berbeda pada si pendenganrnya. Ada yang merasa terganggu dengan musik rock yang hingar bingar, tetapi ada yang tidak. Bagi ikan mas mungkin bunyi alat pembuat gelembung adalah musik yang merdu😀 , sehingga mereka tidak terlallu terganggu oleh suara itu.
Selamat menikmati Cantiknya Ikan Mas.”

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di HoT NewS, Movie, Renungan (Reflection), Uncategorized, world story. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s