Aplikasi Android yang Wajib Kita Punya di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba dan perlu diwaspadai untuk terjadinya bencana banjir. Beberapa titik wilayah di Jabodetabek biasanya tergenang air dan sulit untuk dilalui. Kalau sudah begini lalu lintas menjadi terganggu. Wajib hukumnya bagi Kita untuk mengetahui dan terus memantau debit air dari berbagai pintu air yang tersebar di wilayah masing-masing.

Untuk itu, Kita dapat memanfaatkan smartphone yang Kita punya untuk memantaunya, baik yang menggunakan sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry. Berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu Kita ketika musim hujan.


Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca sangat penting untuk memberikan informasi seputar cuaca yang akan terjadi. Dengan begitu Kita dapat memperkirakan apa yang akan terjadi dan mempersiapkan segala sesuatunya. Di Android Kita bisa mencoba aplikasi ‘Info BMKG’ yang datanya akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

  

Aplikasi Pemantau Banjir

Bagi pengguna smartphone bersistem operasi Android dapat menggunakan aplikasi ‘Siaga Banjir yang dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Ukurannya hanya 3,6 Mb saja, jadi tidak akan menggangu kinerja ponsel Kita. Aplikasi ini tampil dengan antar muka yang minimalis.  Hanya ada dua kategori pada halaman utama, yakni “Beranda” dan “Peta”.

Di “Beranda” aplikasi ini akan menampilkan 12 lokasi pintu air yang berada di beberapa titik wilayah Jabodetabek. Pada sisi kiri, ada tKita panah, jika ke atas, artinya air mengalami kenaikan, jika tanda panah ke bawah berarti debit air menurun, sedangkan untuk tanda dash (-) tidak mengalami perubahan.

Informasi ketinggian air akan ditampilkan meliputi grafik selama 6 jam terakhir dengan keterangan warna diantaranya, Normal (hijau), Waspada (kuning), Rawan (orange), maupun Kritis (merah).  Kita juga dapat berbagi informasi ini ke keluarga dan teman dengan bantuan media sosial.

Masuk pada lokasi “Peta” Kita dapat menyimpan beberapa lokasi (rumah/sekolah/kantor) dan memberikan rekomendasi untuk dipantau pengaruhanya terhadap perubahan ketinggian pintu air. Cukup tekan agak lama di peta untuk lokasi yang ingin disimpan.

Ada fitur Follow, yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah lokasi yang disimpan tadi terkena dampak apabila ketinggian pintu air berubah dan juga ada notifikasi langsung ke ponsel Kita.  Oia, lokasi lokasi Kita berada ditunjukan dengan pin berwarna biru, pintu air terdekat dengan pin warna merah dan lokasi yang ingin dipantau dengan pin warna hijau.

  

Aplikasi Navigasi

Genangan air di jalan pada musim hujan seperti ini membuat jalan ditutup atau dialihkan ke tempat lain. Nah, bagi Kita yang tidak hafal jalan tentu saja akan menimbulkan masalah baru. Untuk itu, sangat diperlukan untuk memasang navigasi penunjuk arah agar tidak tersesat, semisal ‘Waze Sosial GPS Maps & Traffic’. Kita juga bisa memasang aplikasi penunjuk arah lainnya yang sudah tersedia di masing-masing plaftform dan dianggap lebih dapat membantu Kita dalam perjalanan.

  

Aplikasi Pengobatan dan Perawatan

Kecelakaan dapat terjadi diberbagai kondisi, tak terkecuali pada musim hujan. Saat ini, bagi pengguna Android bisa menggunakan aplikasi ‘Buku Saku P3K’,  yang dapat diunduh secara gratis di Google Play. Aplikasi ini akan memberikan informasi seputar perawatan dan pengobatan, lengkap dengan tutorialnya. Jadi Kita ada pandangan visual untuk Kita mempraktekannya .

  

Aplikasi Media Sosial

Biasanya pengguna media sosial selalu berbagi informasi mengenai suatu hal. Begitu pun dengan kondisi saat ini. Dengan mudah teman dan rekan berbagi informasi melalui ‘WhatsApp’, ‘facebook’, ‘BBM’, ‘Line’,’Path’, ‘WeChat’, ‘Twitter’ dan lainnya, baik foto maupun teks. Pastikan salah satu media sosial tersebut Kita miliki agar tidak tertinggal informasi terupdate.

Untuk pengguna twitter, ada baiknya mem-follow beberapa akun twitter berikut ini untuk mendapatkan live update, diantaranya Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro), Radio Elshinta (@RadioElshinta), Lalu Lintas dari LewatMana.com (@LewatMana), InfoLaluLintas.com (@infoll), Info Jakarta (@infojakarta).

Aplikasi M-Banking

Aplikasi ini juga sangat penting tersedia di ponsel Kita karena akan memudahkan Kita dalam bertransaksi di musim hujan. Pastinya dari Kita memiliki rekening bank dan saat ini sudah hampir seluruh bank memiliki layanan mobile banking. Misalnya saja ‘BCA Mobile’, ‘BRI Mobile’, ‘Mandiri Mobile’ dan lainnya.

  

Aplikasi Senter

Aplikasi penunjang ini kadang sudah terinstal di smartphone dan jika smartphone Kita tidak menyediakan bisa mengunduhnya secara gratis di toko aplikasi. Jika mogok di malam hari akan sangat membantu sekali di kondisi yang minim cahaya.

Sumber : http://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2015/02/09/691/tujuh-aplikasi-yang-wajib-kita-punya-di-musim-hujan#.VNixCPmsXIO

Tentang boycreations

I am a boy who wont to make a many creations for share to everyone. Because i am a good boy...(^_^)
Pos ini dipublikasikan di Android, HoT NewS, Software, thecnology, world story dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: